Tuesday, January 10, 2012

Bagaimana mempersiapkan diri / How to get saved and be part of the comming rapture



Kedatangan Yesus sudah dekat, sudah di ambang pintu. Apa yang harus kita lakukan untuk mempersiapkan diri kita untuk menyambut kedatangan Yesus:

1)    Mengaku dosa kepada Tuhan & bertobat dengan tulus hati

Lukas 13:3  Tidak! kata-Ku kepadamu. Tetapi jikalau kamu tidak bertobat, kamu semua akan binasa atas cara demikian.

Kisah Para Rasul 3:19  Karena itu sadarlah dan bertobatlah, supaya dosamu dihapuskan

Wahyu 3:3  Karena itu ingatlah, bagaimana engkau telah menerima dan mendengarnya; turutilah itu dan bertobatlah! Karena jikalau engkau tidak berjaga-jaga, Aku akan datang seperti pencuri dan engkau tidak tahu pada waktu manakah Aku tiba-tiba datang kepadamu.

1 Yoh 1:9  Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan. 

Yehezkiel 18:21  Tetapi jikalau orang fasik bertobat dari segala dosa yang dilakukannya dan berpegang pada segala ketetapan-Ku serta melakukan keadilan dan kebenaran, ia pasti hidup, ia tidak akan mati


2)    Mintalah Yesus dan Roh Kudus untuk memimpin hidup kita

Yohanes 14:6  Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Luk 11:10  Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan. Bapa manakah di antara kamu, jika anaknya minta ikan dari padanya, akan memberikan ular kepada anaknya itu ganti ikan? Atau, jika ia minta telur, akan memberikan kepadanya kalajengking? Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya."


3)    Memaafkan orang yang bersalah kepada kita

Matius 6:14-15  Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu."


4)    Berpegang pada ajaran Yesus, merenungkan Firman Tuhan dan melakukan perintah Yesus

Yohanes 14:21  Barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku dan Akupun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya." 

Lukas 10:25,27  "Guru, apa yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?

"Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu dan dengan segenap akal budimu, dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri."

Mat 25:35-36,40  Sebab ketika Aku lapar, kamu memberi Aku makan; ketika Aku haus,kamu memberi Aku minum; ketika Aku seorang asing, kamu memberi Aku tumpangan; ketika Aku telanjang, kamu memberi Aku pakaian; ketika Aku sakit, kamu melawat Aku; ketika Aku di dalam penjara, kamu mengunjungi Aku. 

Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku. 

Mazmur 1:1-2  Berbahagialah orang yang tidak mengikuti nasihat orang jahat, tidak mencontoh orang berdosa dan tidak bergaul dengan orang yang menghina Allah, tetapi yang suka melakukan Perintah TUHAN dan merenungkannya siang malam. 
 
5)    Tinggalkan keinginan daging, berpuasa dan hidup menurut Roh Kudus

Ibrani 12:14 Berusahalah hidup damai dengan semua orang dankejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak seorangpun akan melihat Tuhan.

Roma 8:5-6  Sebab mereka yang hidup menurut daging, memikirkan hal-hal yang dari daging; mereka yang hidup menurut Roh, memikirkan hal-hal yang dari Roh. Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera
Roma 8:8  Mereka yang hidup dalam daging, tidak mungkin berkenan kepada Allah.
Roma 8:13-14  Sebab, jika kamu hidup menurut daging, kamu akan mati; tetapi jika oleh Roh kamu mematikan perbuatan-perbuatan tubuhmu, kamu akan hidup. 
Roma 8:14  Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah


Galatia 5:22-23  Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri.Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.

Wahyu 3:16  Jadi karena engkau suam-suam kuku, dan tidak dingin atau panas, Aku akan memuntahkan engkau dari mulut-Ku.


6)    Terus berjaga-jaga dan terus berdoa

Lukas 21:34  "Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat.

Lukas 21:36  Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu dianggap layak untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu dapat berdiri di hadapan Anak Manusia.


Pelajaran dari Perumpamaan tentang 10 gadis yang membawa pelita

Mat 25:1-13 "Pada waktu itu hal Kerajaan Sorga seumpama sepuluh gadis, yang mengambil pelitanya dan pergi menyongsong mempelai laki-laki.  Lima di antaranya bodoh dan lima bijaksana. Gadis-gadis yang bodoh itu membawa pelitanya, tetapi tidak membawa minyak, sedangkan gadis-gadis yang bijaksana itu membawa pelitanya dan juga minyak dalam buli-buli mereka. Tetapi karena mempelai itu lama tidak datang-datang juga, mengantuklah mereka semua lalu tertidur. Waktu tengah malam terdengarlah suara orang berseru: Mempelai datang! Songsonglah dia! Gadis-gadis itupun bangun semuanya lalu membereskan pelita mereka. Gadis-gadis yang bodoh berkata kepada gadis-gadis yang bijaksana: Berikanlah kami sedikit dari minyakmu itu, sebab pelita kami hampir padam. Tetapi jawab gadis-gadis yang bijaksana itu: Tidak, nanti tidak cukup untuk kami dan untuk kamu. Lebih baik kamu pergi kepada penjual minyak dan beli di situ.Akan tetapi, waktu mereka sedang pergi untuk membelinya, datanglah mempelai itu dan mereka yang telah siap sedia masuk bersama-sama dengan dia ke ruang perjamuan kawin, lalu pintu ditutup. Kemudian datang juga gadis-gadis yang lain itu dan berkata: Tuan, tuan, bukakanlah kami pintu! Tetapi ia menjawab: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya aku tidak mengenal kamu. Karena itu,berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu akan hari maupun akan saatnya." 

-         Lima gadis yang bodoh berusaha meminta minyak dari gadis-gadis yang bijaksana: Keselamatan adalah tanggung jawab masing-masing pribadi. Kita tidak bisa ikut selamat hanya karena orang-tua, suami, istri atau anak kita selamat.

-         Lima gadis yang bodoh berusaha membeli minyak di saat-saat terakhir: Kita tidak bisa bertobat dan memperoleh keselamatan pada saat Yesus sudah datang, pertobatan kita sudah terlambat

-         Lima gadis yang bodoh sebenarnya tahu jika mempelai akan datang (mereka juga mengambil pelitanya dan pergi menyongsong mempelai), tetapi lima gadis yang bodoh tidak berjaga-jaga: Hanya percaya bahwa Yesus akan datang saja tidak cukup. Lima gadis bodoh di perumpamaan ini juga tahu bahwa mempelai akan datang. Kita harus terus berjaga-jaga dan berdoa, hidup kudus & dan memastikan bahwa kita dipenuhi Roh Kudus.

Jika kita berpikir bahwa hal-hal di atas tidaklah mudah untuk dilakukan, Yesus memang tidak berkata bahwa mudah untuk selamat:

Matius 7:13-14  Masuklah melalui pintu yang sesak itu, karena lebarlah pintu dan luaslah jalan yang menuju kepada kebinasaan, dan banyak orang yang masuk melaluinya; karena sesaklah pintu dan sempitlah jalan yang menuju kepada kehidupan, dan sedikit orang yang mendapatinya."
Bagi anda yang belum menyerahkan hidup anda kepada Yesus, berdoalah seperti ini:

Yesus, aku telah berdosa, maafkanlah segala dosaku dan maafkanlah semua orang yang telah berdosa terhadap aku. Cucilah aku dalam darah-Mu yang kudus. Aku percaya bahwa Engkau telah mati dikayu salib di Kalvari dan aku menerima Engkau sebagai Tuhan dan Penyelamat-ku. Kirimkanlah Roh Kudus-mu untuk membantuku supaya dapat hidup kudus, dan bantulah aku supaya tidak berdosa dan tidak menyedihkan Roh Kudus. Dalam nama YESUS KRISTUS. AMIN.


No comments:

Post a Comment