Thursday, January 17, 2019

KEDATANGAN YESUS YANG KEDUA (JESUS SECOND COMING)

KEDATANGAN YESUS YANG KEDUA (JESUS SECOND COMING)

Kedatangan Yesus yang kedua pastilah BUKAN suatu RAHASIA, tetapi akan dilihat dan didengar oleh semua orang yang hidup di bumi. Tuhan Yesus telah memperingatkan kita semua dalam Matius 24:23-26

24:23 Pada waktu itu jika orang berkata kepada kamu: Lihat, Mesias ada di sini, atau Mesias ada di sana, jangan kamu percaya.
24:24 Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga.
24:25 Camkanlah, Aku sudah mengatakannya terlebih dahulu kepadamu.
24:26 Jadi, apabila orang berkata kepadamu: Lihat, Ia ada di padang gurun, janganlah kamu pergi ke situ; atau: Lihat, Ia ada di dalam bilik, janganlah kamu percaya.

Juga dalam Lukas 17:23, Ia mengatakan demikian:
Dan orang akan berkata kepadamu: Lihat, ia ada di sana; lihat, ia ada di sini! Jangan kamu pergi ke situ, jangan kamu ikut.

Bagaimana Cara Kedatangan Yesus yang Kedua adalah topik yang sangat penting yg perlu diketahui dengan jelas dan pasti oleh semua orang. Karena Yesus sendiri telah memperingatkan umat2Nya akan muncul mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu untuk menyesatkan umat2Nya. Alkitab telah mencatat dengan sangat jelas dan pasti bagaimana cara Yesus Kristus datang kedua kali nanti “tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa saja." Jadi, fokusnya bukankapan” Dia akan datang tetapi “bagaimana” Dia akan datang lagi! Dan, yang pasti kedatangan-Nya yang kedua bukanlah suatu rahasia!

1. Kaki-Nya tidak akan pernah menyentuh tanah
Orang2 yg percaya akan diangkat bersama-sama di dalam awan untuk bertemu Tuhan di angkasa. Ini bisa kita lihat dalam:

1 Tesalonika 4:17
sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan.

Kisah Para Rasul 1:9-11
1:9 Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka.
1:10 Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka,
1:11 dan berkata kepada mereka: "Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga."


2. Kedatangan-Nya akan terdengar
Matius 24:27, 31
24:27 Sebab sama seperti kilat memancar dari sebelah timur dan melontarkan cahayanya sampai ke barat, demikian pulalah kelak kedatangan Anak Manusia.
24:31 Dan Ia akan menyuruh keluar malaikat-malaikat-Nya dengan meniup sangkakala yang dahsyat bunyinya dan mereka akan mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya dari keempat penjuru bumi, dari ujung langit yang satu ke ujung langit yang lain.

1 Korintus 15:52
dalam sekejap mata, pada waktu bunyi nafiri yang terakhir. Sebab nafiri akan berbunyi dan orang-orang mati akan dibangkitkan dalam keadaan yang tidak dapat binasa dan kita semua akan diubah.

1 Tesalonika 4:16-17
4:16 Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit;
4:17 sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan.

2 Petrus 3:10
Tetapi hari Tuhan akan tiba seperti pencuri. Pada hari itu langit akan lenyap dengan gemuruh yang dahsyat dan unsur-unsur dunia akan hangus dalam nyala api, dan bumi dan segala yang ada di atasnya akan hilang lenyap.


3. Kedatangan-Nya akan terlihat
Matius 24:27, 30
24:27 Sebab sama seperti kilat memancar dari sebelah timur dan melontarkan cahayanya sampai ke barat, demikian pulalah kelak kedatangan Anak Manusia.
24:30 Pada waktu itu akan tampak tanda Anak Manusia di langit dan semua bangsa di bumi akan meratap dan mereka akan melihat Anak Manusia itu datang di atas awan-awan di langit dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya.

Wahyu 1:7
Lihatlah, Ia datang dengan awan-awan dan setiap mata akan melihat Dia, juga mereka yang telah menikam Dia. Dan semua bangsa di bumi akan meratapi Dia. Ya, amin.

Alkitab dengan sangat jelas mengatakan bahwa: seluruh dunia, yakni semua bangsa di bumi yg masih hidup, akan bisa melihat kedatangan-Nya. Jadi kedatangan-Nya bukanlah suatu rahasia!


4. Kedatangan-Nya akan menghancurkan bumi
Yesaya 24:19-21
24:19 Bumi remuk redam, bumi hancur luluh bumi goncang-gancing.
24:20 Bumi terhuyung-huyung sama sekali seperti orang mabuk dan goyang seperti gubuk yang ditiup angin; dosa pemberontakannya menimpa dia dengan sangat, ia rebah dan tidak akan bangkit-bangkit lagi.
24:21 Maka pada hari itu TUHAN akan menghukum tentara langit di langit dan raja-raja bumi di atas bumi.

Matius 24:29, 30
24:29 Segera sesudah siksaan pada masa itu, matahari akan menjadi gelap dan bulan tidak bercahaya dan bintang-bintang akan berjatuhan dari langit dan kuasa-kuasa langit akan goncang.
24:30 Pada waktu itu akan tampak tanda Anak Manusia di langit dan semua bangsa di bumi akan meratap dan mereka akan melihat Anak Manusia itu datang di atas awan-awan di langit dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya.

Lukas 21:25-27
21:25 Dan akan ada tanda-tanda pada matahari dan bulan dan bintang-bintang, dan di bumi bangsa-bangsa akan takut dan bingung menghadapi deru dan gelora laut.
21:26 Orang akan mati ketakutan karena kecemasan berhubung dengan segala apa yang menimpa bumi ini, sebab kuasa-kuasa langit akan goncang.
21:27 Pada waktu itu orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya.

2 Petrus 3:10
Tetapi hari Tuhan akan tiba seperti pencuri. Pada hari itu langit akan lenyap dengan gemuruh yang dahsyat dan unsur-unsur dunia akan hangus dalam nyala api, dan bumi dan segala yang ada di atasnya akan hilang lenyap.

Wahyu 6:14
6:14 Maka menyusutlah langit bagaikan gulungan kitab yang digulung dan tergeserlah gunung-gunung dan pulau-pulau dari tempatnya.
6:15 Dan raja-raja di bumi dan pembesar-pembesar serta perwira-perwira, dan orang-orang kaya serta orang-orang berkuasa, dan semua budak serta orang merdeka bersembunyi ke dalam gua-gua dan celah-celah batu karang di gunung.

Wahyu 16:17-21
16:17 Dan malaikat yang ketujuh menumpahkan cawannya ke angkasa. Dan dari dalam Bait Suci kedengaranlah suara yang nyaring dari takhta itu, katanya: "Sudah terlaksana."
16:18 Maka memancarlah kilat dan menderulah bunyi guruh, dan terjadilah gempa bumi yang dahsyat seperti belum pernah terjadi sejak manusia ada di atas bumi. Begitu hebatnya gempa bumi itu.
16:19 Lalu terbelahlah kota besar itu menjadi tiga bagian dan runtuhlah kota-kota bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Maka teringatlah Allah akan Babel yang besar itu untuk memberikan kepadanya cawan yang penuh dengan anggur kegeraman murka-Nya.
16:20 Dan semua pulau hilang lenyap, dan tidak ditemukan lagi gunung-gunung.
16:21 Dan hujan es besar, seberat seratus pon, jatuh dari langit menimpa manusia, dan manusia menghujat Allah karena malapetaka hujan es itu, sebab malapetaka itu sangat dahsyat.


5. Kedatangan-Nya akan berarti penghakiman terakhir
Matius 16:27
Sebab Anak Manusia akan datang dalam kemuliaan Bapa-Nya diiringi malaikat-malaikat-Nya; pada waktu itu Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya.

Wahyu 22:12
Sesungguhnya Aku datang segera dan Aku membawa upah-Ku untuk membalaskan kepada setiap orang menurut perbuatannya.

Matius 25:31-34 (Judul Perikop: Penghakiman Terakhir)
25:31 "Apabila Anak Manusia datang dalam kemuliaan-Nya dan semua malaikat bersama-sama dengan Dia, maka Ia akan bersemayam di atas takhta kemuliaan-Nya.
25:32 Lalu semua bangsa akan dikumpulkan di hadapan-Nya dan Ia akan memisahkan mereka seorang dari pada seorang, sama seperti gembala memisahkan domba dari kambing,
25:33 dan Ia akan menempatkan domba-domba di sebelah kanan-Nya dan kambing-kambing di sebelah kiri-Nya.

Matius 13:37-42 (Judul Perikop: Penjelasan perumpamaan tentang lalang di antara gandum)
13:37 Ia menjawab, kata-Nya: "Orang yang menaburkan benih baik ialah Anak Manusia;
13:38 ladang ialah dunia. Benih yang baik itu anak-anak Kerajaan dan lalang anak-anak si jahat.
13:39 Musuh yang menaburkan benih lalang ialah Iblis. Waktu menuai ialah akhir zaman dan para penuai itu malaikat.
13:40 Maka seperti lalang itu dikumpulkan dan dibakar dalam api, demikian juga pada akhir zaman.
13:41 Anak Manusia akan menyuruh malaikat-malaikat-Nya dan mereka akan mengumpulkan segala sesuatu yang menyesatkan dan semua orang yang melakukan kejahatan dari dalam Kerajaan-Nya.
13:42 Semuanya akan dicampakkan ke dalam dapur api; di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi.

Matius 13:47-50 (Judul Perikop: Perumpamaan tentang pukat)
13:47 Demikian pula hal Kerajaan Sorga itu seumpama pukat yang dilabuhkan di laut, lalu mengumpulkan berbagai-bagai jenis ikan.
13:48 Setelah penuh, pukat itupun diseret orang ke pantai, lalu duduklah mereka dan mengumpulkan ikan yang baik ke dalam pasu dan ikan yang tidak baik mereka buang.
13:49 Demikianlah juga pada akhir zaman: Malaikat-malaikat akan datang memisahkan orang jahat dari orang benar,
13:50 lalu mencampakkan orang jahat ke dalam dapur api; di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi.

Kedatangan Yesus Kristus yg ke-2 akan sangat nyata, seluruh dunia bisa melihat dan BUKANLAH SUATU RAHASIA! Anak Manusia akan datang dengan awan-awan dan SEMUA malaikat bersama-sama dengan Dia.

Alkitab dengan sangat jelas mengajarkan bahwa Kedatangan Yesus Kristus tidak terjadi pada waktu seseorang mati! Kedatangan-Nya yang kedua akan berarti penghakiman terakhir. Firman Tuhan sangat jelas mengajarkan bahwa orang mati tidak langsung pergi ke surga/neraka pada saat kematiannya!


BAGAIMANA KEADAAN ORANG MATI SEKARANG INI?

Ayub 21: 30, 32 (KJV) dengan sangat jelas mengatakan:
21:30 That the wicked is reserved to the day of destruction? they shall be brought forth to the day of wrath.
21:32 Yet he shall be brought to the grave, and shall remain in the tomb.

Untuk ayat ini, kita harus membaca terjemahan King James Version karena terjemahan LAI tidak tepat, yg seharusnya berbunyi:
Bahwa orang jahat disimpan sampai pada hari kebinasaan dan dibawa keluar pada hari murka besar. Dialah yang akan dibawa ke kuburan dan akan tetap di dalam kubur.”

Ayub 17:13
If I wait, the grave is mine house: I have made my bed in the darkness

Untuk ayat ini, kita harus membaca dari terjemahan King James Version karena terjemahan LAI kurang tepat, yg seharusnya berbunyi: “Apabila aku menunggu kuburan sebagai rumahku, menyediakan tempat tidurku di dalam kegelapan

Yohanes 5:28, 29
5:28 Janganlah kamu heran akan hal itu, sebab saatnya akan tiba, bahwa semua orang yang di dalam kuburan akan mendengar suara-Nya,
5:29 dan mereka yang telah berbuat baik akan keluar dan bangkit untuk hidup yang kekal, tetapi mereka yang telah berbuat jahat akan bangkit untuk dihukum.

Ayub 14:12 (Judul Perikop: Setelah mati tidak ada harapan lagi)
demikian juga manusia berbaring dan tidak bangkit lagi, sampai langit hilang lenyap, mereka tidak terjaga, dan tidak bangun dari tidurnya.

Orang mati tidak bangun dari tidurnya dan tidak bangkit lagi sampai langit hilang lenyap!!

Langit hilang lenyap itu kapan?? Jawab: ini akan terjadi ketika Yesus datang ke-2 kali. Ini bisa dibuktikan dalam 2 Petrus 3:10 yg mengatakan, “…. hari Tuhan akan tiba seperti pencuri. Pada hari itu langit akan lenyap…” INGAT ayat harus menjelaskan ayat dan bukan tafsiran manusia.

Semua orang yg meninggal, baik benar maupun jahat, menunggu di liang kubur sampai Hari Tuhan datang. Mereka dalam keadaan tidur, kondisi tidak sadar seratus persen [tidak tahu apa-apa, semua maksud-maksudnya lenyap]. Pengkhotbah 9:5, 6, 10 mengatakan bahwa:

9:5 Karena orang-orang yang hidup tahu bahwa mereka akan mati, tetapi orang yang mati tak tahu apa-apa, tak ada upah lagi bagi mereka, bahkan kenangan kepada mereka sudah lenyap.
9:6 Baik kasih mereka, maupun kebencian dan kecemburuan mereka sudah lama hilang, dan untuk selama-lamanya tak ada lagi bahagian mereka dalam segala sesuatu yang terjadi di bawah matahari.
9:10 Segala sesuatu yang dijumpai tanganmu untuk dikerjakan, kerjakanlah itu sekuat tenaga, karena tak ada pekerjaan, pertimbangan, pengetahuan dan hikmat dalam dunia orang mati, ke mana engkau akan pergi.

Ayub 14:21 juga mengatakan, “Anak-anaknya menjadi mulia, tetapi ia tidak tahu; atau mereka menjadi hina, tetapi ia tidak menyadarinya.”

Mazmur 146:4
Apabila nyawanya melayang, ia kembali ke tanah; pada hari itu juga lenyaplah maksud-maksudnya.

Kemudian, Tuhan Yesus sendiri menyebut keadaan orang mati itu "tidur", dalam kondisi tidak tahu apa-apa.

Yohanes 11:11-14 (ttg Lazarus dibangkitkan)
11:11 Demikianlah perkataan-Nya, dan sesudah itu Ia berkata kepada mereka: "Lazarus, saudara kita, telah tertidur, tetapi Aku pergi ke sana untuk membangunkan dia dari tidurnya."
11:12 Maka kata murid-murid itu kepada-Nya: "Tuhan, jikalau ia tertidur, ia akan sembuh."
11:13 Tetapi maksud Yesus ialah tertidur dalam arti mati, sedangkan sangka mereka Yesus berkata tentang tertidur dalam arti biasa.
11:14 Karena itu Yesus berkata dengan terus terang: "Lazarus sudah mati;

INGAT: Lazarus sudah berbau sebab sudah 4 hari mati ia mati! (Yohanes 11:39). Yesus sendiri mengatakan bahwa Lazarus telah "tertidur dalam arti MATI"

Lukas 8:49-55 (bisa dibaca sendiri semua ayat2nya)
8:52 Semua orang menangis dan meratapi anak itu. Akan tetapi Yesus berkata: "Jangan menangis; ia tidak mati, tetapi tidur."
8:53 Mereka menertawakan Dia, karena mereka tahu bahwa anak itu telah mati.
8:54 Lalu Yesus memegang tangan anak itu dan berseru, kata-Nya: "Hai anak bangunlah!"
8:55 Maka kembalilah roh anak itu dan seketika itu juga ia bangkit berdiri. Lalu Yesus menyuruh mereka memberi anak itu makan.

Sangat banyak sekali ayat2 Alkitab yg mencatat bahwa kondisi orang mati itu tidur (istirahat):

1 Raja-Raja 2:10
LAI TB: Kemudian Daud mendapat perhentian bersama-sama nenek moyangnya, dan ia dikuburkan di kota Daud.
KJV: So David slept with his fathers, and was buried in the city of David.
*** HARUS MEMBACA YANG TERJEMAHAN KJV ***

Silahkan dicek sendiri ayat2 di bawah ini, yg mengatakan bahwa mati = tidur
1 Raja-Raja 11:21 -- 1 Raja-Raja 11:43 -- 1 Raja-Raja 14:20 -- 1 Raja-Raja 14:31 -- 1 Raja-Raja 15:8 --
1 Raja-Raja 15:24 -- 1 Raja-Raja 16:6 -- 1 Raja-Raja 16:28 -- 1 Raja-Raja 22:40 -- 1 Raja-Raja 22:50 --
2 Raja-raja 8:24 -- 2 Raja-raja 10:35 -- 2 Raja-Raja 13:9 -- 2 Raja-raja 13:13 -- 2 Raja-raja 14:16 --
2 Raja-raja 14:22 -- 2 Raja-raja 14:29 -- 2 Raja-raja 15:7 -- 2 Raja-raja 15:22 -- 2 Raja-raja 15:38 --
2 Raja-raja 16:20 -- 2 Raja-raja 20:21 -- 2 Raja-raja 21:18 -- 2 Raja-raja 24:6

Ayub 3:11-13
3:11 Mengapa aku tidak mati waktu aku lahir, atau binasa waktu aku keluar dari kandungan?
3:12 Mengapa pangkuan menerima aku; mengapa ada buah dada, sehingga aku dapat menyusu?
3:13 Jikalau tidak, aku sekarang berbaring dan tenang; aku tertidur dan mendapat istirahat

Ayub 7:21
LAI TB: Dan mengapa Engkau tidak mengampuni pelanggaranku, dan tidak menghapuskan kesalahanku? Karena sekarang aku terbaring dalam debu, lalu Engkau akan mencari aku, tetapi aku tidak akan ada lagi."
KJV: And why dost thou not pardon my transgression, and take away mine iniquity? for now shall I sleep in the dust; and thou shalt seek me in the morning, but I shall not be.
*** HARUS MEMBACA YANG TERJEMAHAN KJV ***

Daniel 12:2, 13 (Judul Perikop: Akhir Zaman)
12:2 Dan banyak dari antara orang-orang yang telah tidur di dalam debu tanah, akan bangun, sebagian untuk mendapat hidup yang kekal, sebagian untuk mengalami kehinaan dan kengerian yang kekal.
12:13 Tetapi engkau, pergilah sampai tiba akhir zaman, dan engkau akan beristirahat, dan akan bangkit untuk mendapat bagianmu pada kesudahan zaman.

Kisah Para Rasul 7:60
LAI TB: Sambil berlutut ia [Stefanus] berseru dengan suara nyaring: "Tuhan, janganlah tanggungkan dosa ini kepada mereka!" Dan dengan perkataan itu meninggallah ia.
KJV: And he kneeled down, and cried with a loud voice, Lord, lay not this sin to their charge. And when he had said this, he fell asleep.
*** HARUS MEMBACA YANG TERJEMAHAN KJV ***

1 Korintus 11:30
LAI TB: Sebab itu banyak di antara kamu yang lemah dan sakit, dan tidak sedikit yang meninggal.
KJV: For this cause many are weak and sickly among you, and many sleep.
*** HARUS MEMBACA YANG TERJEMAHAN KJV ***

1 Korintus 15:6, 18, 20, 51
15:6 Sesudah itu Ia menampakkan diri kepada lebih dari lima ratus saudara sekaligus; kebanyakan dari mereka masih hidup sampai sekarang, tetapi beberapa di antaranya telah meninggal.
KJV: After that, he was seen of above five hundred brethren at once; of whom the greater part remain unto this present, but some are fallen asleep.

15:18 Demikianlah binasa juga orang-orang yang mati dalam Kristus.
KJV: Then they also which are fallen asleep in Christ are perished.

15:20 Tetapi yang benar ialah, bahwa Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati, sebagai yang sulung dari orang-orang yang telah meninggal.
KJV: But now is Christ risen from the dead, and become the firstfruits of them that slept.

15:51 Sesungguhnya aku menyatakan kepadamu suatu rahasia: kita tidak akan mati semuanya, tetapi kita semuanya akan diubah,
KJV: Behold, I shew you a mystery; We shall not all sleep, but we shall all be changed”
*** HARUS MEMBACA YANG TERJEMAHAN KJV ***

Efesus 5:14
Itulah sebabnya dikatakan: "Bangunlah, hai kamu yang tidur dan bangkitlah dari antara orang mati dan Kristus akan bercahaya atas kamu."
NKJV: Therefore He says: "Awake, you who sleep, Arise from the dead, And Christ will give you light."

1 Tesalonika 4:14, 15
4:14 Karena jikalau kita percaya, bahwa Yesus telah mati dan telah bangkit, maka kita percaya juga bahwa mereka yang telah meninggal dalam Yesus akan dikumpulkan Allah bersama-sama dengan Dia.
KJV: For if we believe that Jesus died and rose again, even so them also which sleep in Jesus will God bring with him.

4:15: Ini kami katakan kepadamu dengan firman Tuhan: kita yang hidup, yang masih tinggal sampai kedatangan Tuhan, sekali-kali tidak akan mendahului mereka yang telah meninggal.
KJV: For this we say unto you by the word of the Lord, that we which are alive and remain unto the coming of the Lord shall not prevent them which are asleep.
*** HARUS MEMBACA YANG TERJEMAHAN KJV ***

Wahyu 6:11
Dan kepada mereka masing-masing diberikan sehelai jubah putih, dan kepada mereka dikatakan, bahwa mereka harus beristirahat sedikit waktu lagi hingga genap jumlah kawan-kawan pelayan dan saudara-saudara mereka, yang akan dibunuh sama seperti mereka.
KJV: And white robes were given unto every one of them; and it was said unto them, that they should rest yet for a little season, until their fellowservants also and their brethren, that should be killed as they were, should be fulfilled.

Wahyu 14:13
Dan aku mendengar suara dari sorga berkata: Tuliskan: "Berbahagialah orang-orang mati yang mati dalam Tuhan, sejak sekarang ini." "Sungguh," kata Roh, "supaya mereka boleh beristirahat [REST - KJV] dari jerih lelah mereka, karena segala perbuatan mereka menyertai mereka."

Alkitab dengan sangat jelas mencatat bahwa orang-orang yang mati dalam Kristus akan dibangkitkan pada akhir zaman, yakni pada waktu kedatangan-Nya, untuk beroleh hidup yg kekal BUKAN pada saat kematian. Ini bisa dibaca dalam kitab:

Yohanes 6:39, 40, 44
6:39 Dan Inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku, yaitu supaya dari semua yang telah diberikan-Nya kepada-Ku jangan ada yang hilang, tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman.
6:40 Sebab inilah kehendak Bapa-Ku, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak dan yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman."
6:44 Tidak ada seorangpun yang dapat datang kepada-Ku, jikalau ia tidak ditarik oleh Bapa yang mengutus Aku, dan ia akan Kubangkitkan pada akhir zaman.

Daniel 12:13
Tetapi engkau (Daniel), pergilah sampai tiba akhir zaman, dan engkau akan beristirahat, dan akan bangkit untuk mendapat bagianmu pada kesudahan zaman.

1 Korintus 15:22, 23
15:22 Karena sama seperti semua orang mati dalam persekutuan dengan Adam, demikian pula semua orang akan dihidupkan kembali dalam persekutuan dengan Kristus.
15:23 Tetapi tiap-tiap orang menurut urutannya: Kristus sebagai buah sulung; sesudah itu mereka yang menjadi milik-Nya pada waktu kedatangan-Nya.

Firman Tuhan dengan sangat jelas mencatat bahwa semua orang yang percaya kepada-Nya akan dihidupkan kembali pada waktu kedatangan-Nya BUKAN pada saat kematian! Demikian pula, Alkitab juga mencatat bahwa orang2 fasik akan dihukum dalam api neraka pada hari penghakiman BUKAN pada saat kematian! Ini bisa dibaca dalam kitab:

Yohanes 12:48
Barangsiapa menolak Aku, dan tidak menerima perkataan-Ku, ia sudah ada hakimnya, yaitu firman yang telah Kukatakan, itulah yang akan menjadi hakimnya pada akhir zaman.

2 Petrus 2:9
maka nyata, bahwa Tuhan tahu menyelamatkan orang-orang saleh dari pencobaan dan tahu menyimpan orang-orang jahat untuk disiksa pada hari penghakiman,

Matius 11:22, 24
11:22 Tetapi Aku berkata kepadamu: Pada hari penghakiman, tanggungan Tirus dan Sidon akan lebih ringan dari pada tanggunganmu.
11:24 Tetapi Aku berkata kepadamu: Pada hari penghakiman, tanggungan negeri Sodom akan lebih ringan dari pada tanggunganmu."

Ayub 21:30
That the wicked is reserved to the day of destruction? they shall be brought forth to the day of wrath.

Firman Tuhan sangat jelas mencatat bahwa: kedatangan Yesus yang kedua bersama-sama dengan semua malaikat akan mengakhiri kondisi bumi ini dan untuk memberi upah bagi semua manusia menurut perbuatannya, yakni hidup yg kekal di dalam kerajaan Sorga atau binasa di dalam api neraka.


KEBANGKITAN TUBUH ORANG-ORANG BENAR

Alkitab mencatat bahwa: Orang-orang yang telah meninggal dalam Kristus akan lebih dahulu dibangkitkan dalam keadaan yang tidak dapat binasa, sesudah itu orang2 percaya yang masih hidup ketika Yesus datang. Semuanya akan diubah karena yang dapat binasa ini harus mengenakan yang tidak dapat binasa, dan yang dapat mati ini harus mengenakan yang tidak dapat mati. Dan mereka semua akan diangkat bersama-sama di dalam awan untuk menemui Tuhan di angkasa. Demikianlah mereka semua akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan. Ayat2 ini terdapat dalam:

1 Korintus 15:52, 53 (Judul Perikop: Kebangkitan Tubuh)
15:52 dalam sekejap mata, pada waktu bunyi nafiri yang terakhir. Sebab nafiri akan berbunyi dan orang-orang mati akan dibangkitkan dalam keadaan yang tidak dapat binasa dan kita semua akan diubah.
15:53 Karena yang dapat binasa ini harus mengenakan yang tidak dapat binasa, dan yang dapat mati ini harus mengenakan yang tidak dapat mati.

1 Tesalonika 4:14-17
4:14 Karena jikalau kita percaya, bahwa Yesus telah mati dan telah bangkit, maka kita percaya juga bahwa mereka yang telah meninggal dalam Yesus akan dikumpulkan Allah bersama-sama dengan Dia.
4:15: Ini kami katakan kepadamu dengan firman Tuhan: kita yang hidup, yang masih tinggal sampai kedatangan Tuhan, sekali-kali tidak akan mendahului mereka yang telah meninggal.
4:16 Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit;
4:17 sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan.

Kemudian, Wahyu 20:6 mengatakan: “Berbahagia dan kuduslah ia, yang mendapat bagian dalam kebangkitan pertama itu....mereka akan menjadi imam-imam Allah dan Kristus dan mereka akan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Dia, seribu tahun lamanya.”

Jadi, HANYA orang-orang benar saja yang akan dibangkitkan pada peristiwa “Kebangkitan Pertama” itu, karena INGAT kata2 dalam Wahyu 20:6 "BERBAHAGIALAH DAN KUDUSLAH ia yg mendapat bagian dalam kebangkitan pertama..." --- ini adalah kunci utama untuk memahami ayat ini!! Kunci selanjutnya ada dalam Wahyu 20:5 yg mengatakan:

“Tetapi orang-orang mati yang lain (yakni semua orang2 fasik) tidak bangkit sebelum berakhir masa yang seribu tahun itu

Jadi, kedatangan Yesus yang kedua akan ada peristiwa kebangkitan pertama (kebangkitan untuk orang-orang benar saja) dan juga peristiwa besar lainnya, seperti yg tercatat dalam kitab2 berikut:

Wahyu 16:18, 20, 21
16:18 Maka memancarlah kilat dan menderulah bunyi guruh, dan terjadilah gempa bumi yang dahsyat seperti belum pernah terjadi sejak manusia ada di atas bumi. Begitu hebatnya gempa bumi itu.
16:20 Dan semua pulau hilang lenyap, dan tidak ditemukan lagi gunung-gunung.
16:21 Dan hujan es besar, seberat seratus pon, jatuh dari langit menimpa manusia, dan manusia menghujat Allah karena malapetaka hujan es itu, sebab malapetaka itu sangat dahsyat.

Yesaya 24:1, 3 (Judul Perikop: Nubuat Tentang Akhir Zaman)
24:1 Sesungguhnya, Tuhan akan menanduskan bumi dan akan menghancurkannya, akan membalikkan permukaannya, dan akan menyerakkan penduduknya.
24:3 Bumi akan ditanduskan setandus-tandusnya, dan akan dijarah sehabis-habisnya, sebab TUHANlah yang mengucapkan firman ini.

Yeremia 4:23-28
4:23 Aku melihat kepada bumi, ternyata campur baur dan kosong, dan melihat kepada langit, tidak ada terangnya.
4:24 Aku melihat kepada gunung-gunung, ternyata goncang; dan seluruh bukit pun goyah.
4:25 Aku melihat, ternyata tidak ada manusia, dan semua burung di udara sudah lari terbang.
4:26 Aku melihat, ternyata tanah subur sudah menjadi padang gurun, dan segala kotanya sudah runtuh di hadapan Tuhan, di hadapan murka-Nya yang menyala-nyala!
4:27 Sebab beginilah firman Tuhan: “seluruh negeri ini akan menjadi sunyi sepi, tetapi Aku tidak akan membuatnya habis lenyap
4:28 Karena hal ini bumi akan berkabung, dan langit di atas akan menjadi gelap

Alkitab sangat jelas mencatat bahwa:
Tuhan akan menanduskan bumi dan akan menghancurkannya, dan akan menyerakkan penduduknya sehingga bumi menjadi campur baur dan kosong, dan tidak ada manusia, seluruh negeri akan menjadi sunyi sepi, dan langit di atas akan menjadi gelap. Jadi, kedatangan Yesus yang kedua BUKAN suatu “kesempatan” bagi orang2 fasik untuk bertobat! Melainkan, kedatangan-Nya akan mengakhiri/menghancurkan bumi ini sehingga tidak ada manusia satupun (bumi campur baur, kosong, dan sunyi sepi) karena semua orang2 fasik akan mati, seperti yg tertulis dalam kitab Yeremia 25:33 "Maka pada hari itu akan bergelimpangan orang-orang yang mati terbunuh oleh TUHAN dari ujung bumi sampai ke ujung bumi. Mereka tidak akan diratapi, tidak akan dikumpulkan dan tidak akan dikuburkan; mereka akan menjadi pupuk di ladang"


KERAJAAN 1000 TAHUN

Jadi, semua orang2 fasik akan mati dan tidak bangkit sampai berakhirnya masa yg 1000 tahun itu (Wahyu 20:5). Sedangkan, semua orang2 benar akan berada di Surga menjadi "imam-imam Allah dan Kristus, dan mereka akan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Dia, seribu tahun lamanya" (Wahyu 20:6).

Juga dalam kitab Wahyu 20:4 mengatakan, “Lalu aku [Yohanes dalam penglihatannya] melihat takhta-takhta dan orang-orang yang duduk di atasnya; kepada mereka diserahkan kuasa untuk menghakimi. Aku juga melihat jiwa-jiwa mereka, yang telah dipenggal kepalanya karena kesaksian tentang Yesus dan karena firman Allah;....dan mereka hidup kembali dan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Kristus untuk masa seribu tahun.”

Kemudian, 1 Korintus 6:2,3 juga mengatakan, “Atau tidak tahukah kamu, bahwa orang-orang kudus akan menghakimi dunia?...Tidak tahukah kamu, bahwa kita akan menghakimi malaikat-malaikat?

Maka, semua orang2 kudus/benar akan bisa melihat seluruh riwayat hidup semua umat manusia, termasuk iblis dan malaikat2 jahat pengikutnya. Saya kasih contoh, Stefanus yg mati sebagai martir (dalam Kisah Para Rasul 6:54-60) pasti begitu sangat kaget melihat Rasul Paulus [dulunya Saulus] berada di surga, padahal Saulus turut ambil bagian dalam kemartiran Stefanus, bahkan mengancam dan membunuh pengikut2 Yesus. Betapa kagetnya Stefanus nanti maupun orang2 yg mati di tangan Saulus [menjadi Rasul Paulus] ketika mereka melihat Saulus dibangkitkan untuk hidup yg kekal di surga. Mereka akan bisa melihat riwayat hidup Saulus yg akhirnya menjadi Rasul Allah!! Semua orang2 kudus akan bisa melihat dan mengetahui mengapa si A [orang yg aku kira jahat] ternyata masuk surga, atau mengapa si B [pendetaku yg sangat baik] kok tidak masuk surga. Semua kitab akan dibuka (Wahyu 20:12, Daniel 7:10) dan kita akan melihat betapa Allah itu sangatlah MAHA ADIL!!


KEBANGKITAN ORANG-ORANG FASIK UNTUK DIHUKUM DI NERAKA

Setelah masa 1000 tahun itu berakhir, akan terjadi peristiwa kebangkitan orang2 fasik. INGAT, Wahyu 20:5 “Tetapi orang-orang mati yang lain tidak bangkit sebelum berakhir masa yang seribu tahun itu

Kemudian kota yang kudus, yakni “Yerusalem yang baru”, akan turun dari sorga ke bumi bersama-sama dengan Yesus dan umat2Nya yg percaya (Wahyu 21:2, 10)

Lalu, Wahyu 20:9-10 “Maka naiklah mereka [orang2 fasik yg telah dibangkitkan] ke seluruh dataran bumi, lalu mengepung perkemahan tentara orang-orang kudus dan kota yang dikasihi itu. Tetapi dari langit turunlah api menghanguskan mereka, dan Iblis, yang menyesatkan mereka, dilemparkan ke dalam lautan api dan belerang, yaitu tempat binatang dan nabi palsu itu, dan mereka disiksa siang malam sampai selama-lamanya.”

Kemudian, Wahyu 20:14, 15
20:14 Lalu maut dan kerajaan maut itu dilemparkanlah ke dalam lautan api. Itulah kematian yang kedua: lautan api.
20:15 Dan setiap orang yang tidak ditemukan namanya tertulis di dalam kitab kehidupan itu, ia dilemparkan ke dalam lautan api itu.

Dan kemudian, Wahyu 21:8
“Tetapi orang-orang penakut, orang-orang yang tidak percaya, orang-orang keji, orang-orang pembunuh, orang-orang sundal, tukang-tukang sihir, penyembah-penyembah berhala dan semua pendusta, mereka akan mendapat bagian mereka di dalam lautan yang menyala-nyala oleh api dan belerang; inilah kematian yang kedua."

Jadi, setiap orang yang tidak ditemukan namanya tertulis di dalam kitab kehidupan itu akan dilemparkan ke dalam lautan api sehingga akan mengalami “kematian yang kedua”, yakni kematian kekal yg akan menghanguskan semua orang2 fasik! Disinilah neraka itu akan ada/berlangsung, yaitu setelah masa yg 1000 tahun itu berakhir!

Alkitab dengan sangat jelas mengajarkan bahwa: Neraka saat ini belum ada! Orang-orang jahat tidak pergi ke tempat hukuman segera setelah mereka mati, tetapi disimpan dalam kuburan sampai hari penghakiman tiba untuk dihukum.

Firman Tuhan juga mengatakan bahwa: Neraka akan terjadi di bumi ini. Mari kita buktikan dengan Alkitab dalam ayat2 berikut:

2 Petrus 3:7
Tetapi oleh firman itu juga langit dan bumi yang sekarang terpelihara dari api dan disimpan untuk hari penghakiman dan kebinasaan orang-orang fasik.

Wahyu 20:9
Maka naiklah mereka ke seluruh dataran bumi, lalu mengepung perkemahan tentara orang-orang kudus dan kota yang dikasihi itu. Tetapi dari langit turunlah api menghanguskan mereka,

Jadi Firman Tuhan sangat jelas mengajarkan bahwa:
Bumi kita sekarang ini masih terpelihara dari api. Seluruh dataran bumi akan dihanguskan dengan api yg turun dari langit pada hari penghakiman nanti dan akan menjadi neraka bagi orang2 fasik dan iblis. Mereka semua akan menjadi abu di atas bumi dan diinjak-injak oleh orang2 benar. Mereka akan lenyap selamanya, habis lenyap bagaikan asap. Mereka TIDAK hidup kekal di neraka untuk dibakar/disiksa selama-lamanya. Ini bisa dibaca dalam kitab:

Maleakhi 4:1,3
4:1 Bahwa sesungguhnya hari itu datang, menyala seperti perapian, maka semua orang gegabah dan setiap orang yang berbuat fasik menjadi seperti jerami dan akan terbakar oleh hari yang datang itu, firman TUHAN semesta alam, sampai tidak ditinggalkannya akar dan cabang mereka.
4:3 Kamu akan menginjak-injak orang-orang fasik, sebab mereka akan menjadi ABU di bawah telapak kakimu, pada hari yang Kusiapkan itu, firman TUHAN semesta alam”

Yehezkiel 28:18, 19 juga menegaskan bahwa:
“... Maka Aku menyalakan api dari tengahmu yang akan memakan habis engkau. Dan Kubiarkan engkau menjadi abu di atas bumi di hadapan semua yang melihatmu... Akhir hidupmu mendahsyatkan dan lenyap selamanya engkau.”

Mazmur 37:9, 10, 20
37:9 Sebab orang-orang yang berbuat jahat akan dilenyapkan, tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN akan mewarisi negeri.
37:10 Karena sedikit waktu lagi, maka lenyaplah orang fasik; jika engkau memperhatikan tempatnya, maka ia sudah tidak ada lagi
37:20 Sesungguhnya, orang-orang fasik akan binasa; musuh TUHAN seperti keindahan padang rumput: mereka habis lenyap, habis lenyap bagaikan asap.

Matius 10:28 juga mengatakan:
“... takutlah terutama kepada Dia yang berkuasa membinasakan baik jiwa maupun tubuh di dalam neraka."

Jadi, Alkitab dengan sangat jelas mengajarkan bahwa: orang2 fasik dan iblis TIDAK akan hidup selama-lamanya untuk disiksa/dibakar di dalam neraka. Mereka semua akan lenyap selamanya, menjadi abu di atas bumi. Tuhan akan membinasakan jiwa maupun tubuh orang2 fasik di dalam neraka, sehingga mereka semua habis lenyap bagaikan asap.

Kata “lenyap/binasa” sebenarnya sangat sederhana bahwa mereka akan MATI selama-lamanya, bukan HIDUP selama-lamanya untuk disiksa/dibakar di dalam neraka.

Banyak orang berpikir bahwa neraka itu akan menjadi siksaan api kekal. Orang2 fasik akan hidup kekal di neraka untuk disiksa selama-lamanya. Ini bukanlah ajaran Alkitab!!

Dalam Yudas 1:7 mengatakan bahwa mereka akan menanggung siksaan api kekal, yg ayatnya berbunyi: “sama seperti Sodom dan Gomora dan kota-kota sekitarnya, yang dengan cara yang sama melakukan percabulan dan mengejar kepuasan-kepuasan yang tak wajar, telah menanggung siksaan api kekal sebagai peringatan kepada semua orang.”

Apakah sampai sekarang Sodom dan Gomora dan kota-kota sekitarnya masih terbakar? Tentu saja tidak. Api telah padam tetapi "efek" dari api itulah yg KEKAL/SELAMA-LAMANYA, bahwa kota2 itu akhirnya LENYAP/MUSNAH/BINASA sampai selama-lamanya. Sama seperti efek dari api neraka adalah kekal sehingga jiwa2 orang fasik akan BINASA/LENYAP selama-lamanya, TETAPI pembakaran api tsb tidak selama-lamanya membara-bara dan akan padam sampai apa yang dibakar itu habis menjadi abu.

INGAT, Yohanes 3:16 “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.”

Tuhan hanya menawarkan 2 PILIHAN: hidup yang kekal atau binasa!! Hanya orang yang percaya saja akan beroleh hidup yang kekal di dalam Kerajaan Sorga, sedangkan orang yang tidak percaya akan binasa [mati selama-lamanya], bukan HIDUP YANG KEKAL di dalam neraka untuk disiksa selama-lamanya!

Tentu Tuhan sendiri dan orang2 kuduspun akan merasa sedih melihat kebinasaan orang2 fasik, tetapi “Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu” (Wahyu 21:4). Ia akan membuat "langit yang baru dan bumi yang baru"! Kedatangan Yesus Kristus yang kedua adalah kemenangan akhir bagi kita semua umat2Nya yg percaya karena Dia telah mempersiapkan sebuah kota bagi mereka, yg disebut “Yerusalem Baru”! Ibrani 11:6 mengatakan, ".... Sebab itu Allah tidak malu disebut Allah mereka, karena Ia telah mempersiapkan sebuah kota bagi mereka."

Maka, Dia pasti akan datang kembali dan membawa kita semua dengan tubuh kemuliaan yang tidak dapat binasa ke kota Yerusalem Baru. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan. Lalu, Seperti apakah baru yang baru nanti? Apakah yang akan terjadi di Yerusalem yang Baru? Saya akan bahas Yerusalem Baru di topik berikutnya. Semoga Roh Kudus menuntun kita semua kepada Firman Kebenaran. Amin.

No comments:

Post a Comment