Saturday, February 4, 2012

Pujian dan penyembahan (Kis 16:16-34)


Pujian dan penyembahan (Kis 16:16-34)


Ringkasan Kotbah : Pdt. Dr. Agus Gunawan

Di Firman Tuhan Kis 16:16-34 di ceritakan betapa besar kuasa pujian dan penyembahan. Marilah kita belajar lebih dalam tentang pujian dan penyembahan.
1.  Pujian dan penyembahan harus menjadi gaya hidup (life style) kita.
Ada 3 w di sorga, yaitu the warrior (malaikat Michael), the waiter (malaikat Gabriel), dan the worshiper yang dulunya ada malaikat lucifer. Sejak kejatuhan lucifer sampai sekarang blom ada yang menggantikan posisi the worshiper di sorga, kita semua lah yang menggantikan posisi the worshiper ini. Karena itu hendaklah kita semua sebagai the worshiper mejadikan pujian dan penyembahan gaya hidup kita.
2.  Pujian dan penyembahan memenangkan jiwa-jiwa bagi Tuhan (Maz 40:4).
Gereja Hillsong adalah gereja paling besar di Australia dengan jemaat paling banyak. Gereja Hillsong adalah gereja yang terkenal dengan pujian dan penyembahannya, bahkan sampe keseluruh dunia. Ini membuktikan bahwa pujian dan penyembahan dapat memenangkan banyak jiwa-jiwa bagi Tuhan. Demikian juga gereja Tuhan, gereja Bethany Indonesia juga banyak dikenal dengan pujian dan penyembahannya.
3.  Pujian dan penyembahan mendatangkan hujan berkat (Zac 14:17).
Kalo kita banyak menaikan pujian dan penyembahan pasti Tuhan juga tidak dapat menahan-nahan lagi berkatnya tercurah bagi kita. Hal ini dapat disamakan dengan analogi siklus air. Air menguap kena sinar matahari, setelah terkumpul cukup banyak uap air maka turunlah hujan. Demikian juga dengan banyak-banyak kita menaikan pujian dan penyembahan pada Tuhan, maka turunlah hujan berkat dari Tuhan atas kita.
4.  Pujian dan penyembahan menghancurkan musuh dan kerajaannya (Maz 149:6).
Siapakan musuh kita? Bukankan kita sebagai orang Kristen harus mengasihi semua orang? Ternyata orang Kristen juga mempunyai musuh, tetapi musuh kita bukanlah sesama kita melainkan pemerintah-pemerintah, penguasa-penguasa, penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, roh-roh jahat diudara (Ef 6:12). Pujian dan penyembahan dapat mengalahkan musuh kita ini.
Marilah kita semua bersama-sama meningkatkan pujian dan penyembahan kita kepada Tuhan. Ada 2 macam kehadirat Tuhan, yaitu Universal present dimana Tuhan hadir dimana-mana (omnipresent), dan personal present dimana kita secara pribadi merasakan hadirat Tuhan. Baiklah kita semua mencari hadirat Tuhan yang personal present ini yaitu dengan memuji dan menyembah Tuhan setiap waktu. Memuji dan menyembah Tuhan setiap waktu berarti memuji dan menyembah Tuhan pada saat kita enak maupun tidak enak (feel like it or don’t feel like it).
Empat keuntungan yang kita dapatkan dari penyembahan:
  • Mujizat.
  • Tanda ajaib.
  • Kuasa
  • Pembebasan
Tuhan Yesus memberkati.

No comments:

Post a Comment